Minggu, 05 Desember 2010

Cara mengatasi motor yang tiba-tiba macet mendadak.

Kejadian ini ku alami sendiri, aku pernah naik motor yang tiba-tiba macet.

Kuperiksa busi, buka alat-alat Bantu cek ringan aku buka busi yang masih panas itu, kemudian test busi hasilnya OK. Busi masih menyala. Aku starter lagi tetap tidak jalan, padahal karburator baru dibersihkan, coba buang sedikit bensin baik dari karburator ataupun bensin yang masuk ke karburator. Test lagi starter eit tetap tidak mau hidup. Coba di dorong lagi-lagi eit tidak bisa hidup.!!!!
Kemudian aku ingat waktu motor aku mogok pertama, eh gampang and mudah : gini caranya : buka busi, lalu semprotkan oli bekas ke dalam lubang busi secukupnya. Tutup dengan kain dan coba stater beberapa kali. Kemudian pasang kembali busi anda dan coba stater lagi pasti greng!
Jika oli hanya sedikit bisa juga copot busi kemudian oleskan oli pada ulir busi, kemudian pasang kembali. Dan stater pas ti greng!

Ini pendapat temanku lagi , setelah baca keluhannya Pak Hendry.
So,,,, bisa benar bisa salah, maafken kalau salah.
Kemungkinan pembakaran tidak sempurna, bisa jadi karbu terlalu kaya
bensinnya, atau ada kebocoran oli masuk ke ruang bakar, bisa dari ring
piston, pistonnya itu sendiri, seal klep oblak.
Oli/bensin terlalu kaya menyebabkan banyak kerak, nah karena kerak tadi
sering juga lepas dari tempatnya dan keluar, tentu melalui klep, nah di
sini sering nyangkut di mulut klep. Hasilnya kompresi hilang, kalau
distart suaranya aneh, karena enteng, tidak ada kompresi.
Kalau macet gini, aku biasanya diemin barang sejenak, 1-2 menit atau
sukur bisa sampe motor dingin, nggak usah buka busi, terus distart,
kalau susah buka throttlenya sampai separo sambil start jangan lupa
baiknya tidak sampe 5 detik, kalau udah distart terus menerus selama 5
detik tunggu barang 10 detik utk mendinginkan dinamo.
Akan normal seperti biasa kalau keraknya itu terlepas dari mulut klep.
Kasus hilangnya kompersi spt itu bisa terjadi pada semua motor bakar,
termasuk mobil dengan 4 silinder yang lumayan baru dan canggih pakai
PGMFI, CDI, ECU controlled dll, aku juga masih heran. Memang biasanya
sering terjadi karena kendaraan lama (beberapa hari) tidak dipake.
Good Luck!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar